SOROTAN : Data! Data! Data!

 


 

PASTORAL BERBASIS DATA

Data! Data! Data!

 

DPH-DewinaJosephine Dewina

(Sekretaris II DPH)


Sejalan dengan Arah Dasar Pastoral KAJ 2011-2015 dan melihat pentingnya data sebagai dasar pelayanan pastoral, Paroki Regina Caeli kembali menempatkan Pastoral Berbasis Data sebagai sasaraan strategis untuk tingkat lingkungan di tahun 2013 ini.


Arti kata “Data” menurut kamus bahasa Indonesia adalah keterangan atau bahan nyata yg dapat dijadikan dasar kajian.  Data yang terkumpul akan memberikan  informasi yang dibutuhkan untuk merumuskan kebijakan ataupun melaksanakan kegiatan. Dalam kehidupan menggereja, data juga diperlukan. Itu bukan saja soal memenuhi kewajiban untuk mengirim data statistik ke KAJ, tetapi yang paling penting adalah menggunakan data sebagai dasar kajian untuk merancang dan melakukan kegiatan dan pelayanan pastoral.


Itu artinya, para pengurus lingkungan didorong untuk mempelajari data-data umat, dan berpijak darinya merancang kegiatan atau pelayanan spastoral untuk umatnya sesuai dengan kebutuhan umat. Dengan demikian rapat-rapat pengurus lingkungan secara rutin menjadi tuntutan, baik untuk merancang, memantau ataupun mengevaluasi kegiatan dan pelayanan pastoral yang berbasis pada data tersebut.


Data pastoral itu mencakup:

1.     kondisi umat secara umum (misal berapa jumlah umat berdasarkan gender dan pendidikan);

2.   kondisi umat sesuai kebutuhan pastoralnya (berdasarkan usia, sekolah, sakramen yang telah diterima) yang dapat digunakan untuk memberikan pendampingan pastoral;

3.        kondisi sosial-ekonomi umat;

4.        kegiatan-kegiatan yang diikuti umat (data aktivitas);

5.        kondisi lingkungan sekitar umat (data sosial-kemasyarakatan)


Dengan adanya data tersebut, program pastoral dapat direncanakan dengan tepat sehingga pelaksanaannya pun dapat dirasakan oleh umat.  Tanpa menggunakan data Gereja akan banyak melakukan kegiatan tapi tidak menjawab permasalahan dasar umat, bahkan bisa jadi tidak membawa perubahan yang semakin baik.


Guna mendukung hal tersebut Paroki RC sejak tahun 2011 telah membentuk Tim Data Paroki dengan program komputerisasi Database Umat Katolik. Dengan dukungan dan kerjasama dari lingkungan saat ini seluruh data umat Paroki RC sudah tersimpan dalam sistem secara terintegrasi.


Mari kita melangkah pasti dalam memberikan pelayanan pastoral kepada umat berdasarkan data yang kita miliki agar memberikan dampak positif bagi perkembangan umat. Dengan demikian kita bukan sekedar berkegiatan, tetapi sungguh-sungguh membangun Gereja Umat Allah yang sesungguhnya: umat kita!

 


 

 

 
 

Warta RC Digital

Banner

Visitor Statistics

Today101
YESTERDAY235
WEEK939
Month336
All290066

RC Facebook