Doa Angelus


Doa Angelus (Doa Malaikat Tuhan)

 


rmfelix65x86.jpgPada Pesta Bunda Maria Ratu Surgawi, kita diingatkan akan Doa Angelus (Doa Malaikat Tuhan).  Doa Angelus  adalah sebuah doa untuk mengenangkan  kabar suci dari Malaikat Gabriel kepada Bunda Maria (Angelus Domini Nuntiavit Mariae). Doa Angelus merupakan sebuah pengakuan iman atas Karya Keselamatan Allah di mana Sabda Allah telah menjadi daging melalui rahim Perawan Maria melalui Kuasa Roh Kudus. Isi pokok dari Doa Angelus adalah pengulangan tiga kali ‘Doa Salam Maria’ bersamaan dengan bunyi bel (Puji Syukur No. 15). Selama Masa Paskah Doa Angelus diganti dengan Ratu Surga/Regina Coeli/Regina Caeli (Puji Syukur No. 16). Bunyi bel  itu dipersembahkan kepada Malaikat Gabriel yang membawa kabar sukacita  dari Allah kepada Perawan Maria.

 


Umat Katolik mempunyai kebiasaan mendaraskan  Doa Angelus sejak tahun 1263 oleh Santo Bonaventura. Doa Angelus didaraskan tiga kali sehari, yaitu pukul 06.00, 12.00, dan 18.00. Doa Angelus yang diucapkan pada pagi hari adalah untuk menghormati kebangkitan Yesus; pada siang  hari adalah untuk menghormati sengsara Yesus; dan pada senja hari adalah untuk menghormati peristiwa inkarnasi (Allah menjadi manusia untuk menyelamatkan kita semua):  Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh.” (1 Petrus 3:18)

       

Kita umat Katolik pada umumnya dan umat Paroki  Regina Caeli pada khususnya   yang berlindung pada Ratu Surga seharusnya memanjatkan Doa Angelus setiap hari. Ketika waktu Doa Angelus tiba, kita sebaiknya menghentikan sementara semua kesibukan kita dan mulai mendoakannya. Dengan mendoakan Doa Angelus, kita menghormati Bunda Maria yang dipilih Allah secara istimewa untuk ikut dalam karya keselamatan Allah dan sekarang menjadi Ratu Surga. Dengan memanjatkan Doa Angelus, kita pun mensyukuri keselamatan yang telah diberikan Allah kepada kita. Marilah kita menjadikan  Doa Angelus sebagai kebiasaan saleh dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Romo Felix Supranto, SS.CC).

 

 
 

Warta RC Digital

Banner

Visitor Statistics

Today188
YESTERDAY439
WEEK1123
Month12161
All258620

RC Facebook