Iman Katolik - Arti dan Makna Sakramen-sakramen Inisiasi

Arti dan Makna Sakramen-sakramen Inisiasi

 Istilah inisiasi diambil dari kosa kata bahasa Latin initiare yang berarti memasuki atau menerima sesorang ke dalam suatu kelompok. Dari arti katanya, inisasi ini mengandung dua unsur gerakan. Pertama, sesorang masuk ke dalam kelompok tertentu. Kedua, kelompok tersebut menerima seseorang itu ke dalamnya. Oleh karena itu, proses inisiasi tidak pernah hanya melibatkan satu orang saja. Proses ini selalu mengandaikan dua pihak yang saling menerima.

Dalam tradisi Gereja Katolik, proses inisiasi terjadi saat seseorang menerima sakramen baptis, sakramen krisma dan sakramen ekaristi yang pertama. Melalui ketiga sakramen inisiasi ini, seseorang menerima anugerah keselamatan, yakni kebersamaan dengan Allah. Berbeda dengan proses inisiasi biasa, anugerah itu bukan karena seseorang itu telah lulus ujian agama tetapi hanya karena kebaikan Allah yang telah memilihnya sebelum dunia dijadikan (lih Ef 1:3-8).
Sebagaimana ciri inisiasi yang dua arah demikan pula inisiasi dalam Gereja Katolik. Gerakan dua arah ini terjadi baik dalam dimensi pribadi dengan Allah maupun dimensi pribadi dengan seluruh jemaat. Oleh karena itu setiap orang yang telah menerima sakramen-sakramen inisiasi hendaknya turut terlibat aktif dalam kehidupan menggereja sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Sebaliknya, Gereja harus terbuka dan memberi kesempatan bagi mereka yang telah secara resmi diterima dalam Gereja Katolik.
 
 

Warta RC Digital

Banner

Visitor Statistics

Today59
YESTERDAY1142
WEEK3926
Month9153
All255612

RC Facebook